Dalam dunia pendidikan, mempelajari bahasa Arab bukanlah suatu hal yang asing lagi. Banyak instansi pendidikan di Indonesia yang telah m...

Metode Mudah Mengajarkan Bahasa Arab pada Anak

06.22 Unknown 0 Comments



Dalam dunia pendidikan, mempelajari bahasa Arab bukanlah suatu hal yang asing lagi. Banyak instansi pendidikan di Indonesia yang telah menerapkan pembelajaran bahasa yang satu ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat kita sudah semakin sadar akan manfaat dari mempelajari bahasa Arab. Bagi umat Islam, mempelajari bahasa Arab sudah menjadi sebuah keharusan sebab ajaran Islam secara orisinal diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. Tanpa mempelajari bahasa Arab, hukum Islam akan sulit diketahui dan diterapkan dengan baik.

Di sini, penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak pendidikan bahasa Arab karena kelak anak-anak akan menjadi generasi penerus. Meskipun bukan perkara mudah untuk mengajarkan pendidikan bahasa ini, hal ini harus tetap diikhtiarkan mengingat begitu banyak manfaat yang akan diperoleh dari mempelajari bahasa Arab. Para pendidik akan memiliki suatu tantangan tersendiri dalam mengajarkannya kepada anak-anak. Berbeda dengan bahasa lain, pendidikan bahasa Arab memiliki struktur dan susunan kata yang cukup sulit sehingga dibutuhkan metode mudah mengajarkan bahasa Arab pada anak. Bagaimana metodenya? Yuk, kita simak!

1. Mengetahui Manfaat Mempelajari Bahasa Arab

Salah satu metode mudah mengajarkan pendidikan bahasa Arab pada anak ialah para pendidik menanamkan pemahaman yang jelas mengenai manfaat dari belajar bahasa Arab. Berikut ini beberapa manfaat dari mempelajari bahasa Arab.
  • Dengan memahami bahasa arab, kita akan mudah memahami makna yang terdapat dalam Alquran karena Alquran diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab.
  • Banyak ilmu pendidikan Islam yang menggunakan bahasa Arab. Islam bermula dari negeri Arab sehingga ilmu-ilmu Islam mayoritas menggunakan bahasa Arab. Dengan demikian, bahasa Arab harus digunakan sebagai sarana dan perangkat dalam mendalami ilmu-ilmu tersebut.
  • Bahasa Arab ialah bahasa yang indah. Dengan mempelajari bahasa ini, akan mempertajam daya pikir, nilai seni, dan sastra kita.
    Umar bin Khatthab berkata, “Pelajarilah bahasa Arab. Sesungguhnya ia dapat menguatkan akal dan menambah kehormatan.”
    Benarkah bahasa Arab dapat meningkatkan daya pikir? Benar, lantaran di dalam bahasa Arab terdapat susunan bahasa yang indah. Tak hanya itu, dalam bahasa Arab terdapat perpaduan kalimat yang serasi. Hal ini akan membuat seseorang mengoptimalkan daya imajinasinya. Dengan demikian, secara tidak langsung akan menajamkan kekuatan intelektual mereka.


Mengetahui Manfaat Mempelajari Bahasa Arab
Islam bermula dari Arab. (sumber: 4.bp.blogspot.com)
Baca Juga: Sekedar info

2. Buat Strategi Belajar yang Mengasyikkan

Dibutuhkan metode mudah mengajarkan bahasa Arab pada anak. Dalam menyampaikan pendidikan bahasa Arab, para pendidik harus membuat suasana belajar yang mengasyikkan supaya sang anak tidak merasa bosan, misalnya mengajak anak belajar sambil bermain. Cara ini akan memunculkan keinginan belajar dalam diri anak dan anak pun akan melakukannya dengan senang hati karena bermain adalah kebutuhan bagi perkembangan sang anak. Saat bermain, para pendidik dapat mengajarkan kosakata dan materi bahasa Arab sedikit demi sedikit. Menurut Zulkifli L., dalam bukunya Psikologi Perkembangan, dijelaskan mengenai macam-macam permainan berikut.
  • Permainan Fungsi. Yang diutamakan dari permainan ini adalah geraknya.
  • Permainan Konstruktif. Yang diutamakan dari permainan ini adalah hasilnya, seperti membuat mobil-mobilan dan rumah-rumahan. Nah, sambil membuat mainan, para pendidik dapat mengajarkan kosakata anak dalam bahasa Arab, seperti bahasa Arab mobil dan rumah.
  • Permainan Reseptif. Sambil mendengarkan cerita atau melihat-lihat buku bergambar, anak akan berimajinasi dan menerima pesan yang membuat jiwanya sendiri menjadi aktif. Para pendidik dapat menyisipkan penggalan bahasa Arab dalam cerita. Tentu saja cerita yang dibawakan harus menarik dan mengundang perhatian anak.
  • Permainan Peranan. Anak akan memerankan tokoh yang sedikit-sedikit dapat menggunakan kosakata bahasa Arab.
  • Permainan Sukses. Dalam permainan ini, yang diutamakan adalah prestasi, seperti mengadakan kuis untuk menyebutkan benda dalam bahasa Arab.


Membiasakan Anak Berbicara Bahasa Arab
Kenalkan kosakata bahasa Arab kepada anak. (sumber: lh5.ggpht.com)
Baca Juga: belajar bahasa arab untuk pemula

3. Membiasakan Anak Berbicara Bahasa Arab

Membiasakan anak sejak usia dini untuk berbicara dengan menggunakan bahasa Arab merupakan salah satu cara pendidikan yang efektif dalam menerapkan bahasa Arab. Usia dini merupakan satu tahapan usia yang penuh dengan masa-masa perkembangan anak, baik dari segi kecerdasan, kecakapan, maupun keterampilan. Tidak mengapa jika sang anak hanya menggunakan beberapa kosakata bahasa Arab dalam percakapannya, seperti membiasakan anak memanggil ibunya dengan panggilan ummi dan memanggil ayahnya dengan panggilan abi.
Karena pendidikan belajar bahasa Arab butuh proses, biarkan sang anak menikmati prosesnya. Jangan terlalu terburu-buru menginginkan anak dapat berbicara bahasa Arab secara sempurna pada awal pembelajaran. Yang perlu diperhatikan, dalam menerapkan metode ini, para pendidik harus membiasakan diri untuk berbicara bahasa Arab pula di depan anak-anak. Dengan demikian, sang anak akan meniru dan terbiasa mendengar bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Semakin sering anak mendengar bahasa Arab, semakin banyak pula kosakata yang mereka dapat dan ingat untuk kemudian mereka aplikasikan. Tentu ini merupakan salah satu metode mudah mengajarkan bahasa Arab pada anak yang dapat diterapkan oleh para pendidik.


Gunakan Alat Bantu Peraga
Ajak anak berbicara menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-harinya. (sumber: cdn.timesofisrael.com)

4. Gunakan Alat Bantu Peraga

Untuk melatih sekaligus membantu anak dalam menguatkan daya ingat mereka terhadap berbagai kosakata bahasa Arab yang diberikan, para pendidik dapat menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam proses pendidikan belajar, misalnya ketika kita ingin memberikan kosakata mobil, kita dapat membawa mainan mobil-mobilan di depan anak-anak. Hal ini akan sangat membantu sang anak karena mereka dapat melihat secara langsung dan nyata bentuk dari mobil tersebut.
Jika ditinjau dari segi kognitif, metode mudah mengajarkan bahasa Arab pada anak seperti itu akan jauh lebih efektif karena akan sangat memudahkan anak dalam belajar. Dengan memberikan ilustrasi dalam menjelaskan informasi pendidikan kepada anak, hal ini akan jauh lebih menarik, dapat merangsang perhatian mereka, dan dapat membantu mempertajam daya pikir anak. Kemampuan mereka mengenai kosakata dalam bahasa Arab akan meningkat dan membuat mereka mengingat kosakata tersebut hingga dewasa.


little arabic
Gunakan alat peraga saat mengajarkan anak kosakata bahasaArab. (sumber: littlepimcdn-wpengine.netdna-ssl.com)

Mengingat betapa pentingnnya pendidikan bahasa Arab, maka Abi dan Ummi dapat menerapkan beberapa metode mudah mengajarkan pendidikan bahasa Arab pada anak, seperti yang telah dijabarkan dalam artikel ini. Hal ini karena bahasa Arab telah menjadi ciri khas kaum muslimin. Tak hanya itu, dengan belajar bahasa Arab, untuk dapat memahami pendidikan dan penguasaan terhadap Alquran dan sunnah pun akan menjadi lebih mudah. Dengan demikian, kita dapat menghayati nilai-nilainya dan mengamalkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.
Bagi, Abi, Ummi, dan para pendidik lain, segeralah ajarkan bahasa Arab pada anak sejak dini, jangan ditunda-tunda. Dengan ikhtiar yang maksimal, bukanlah hal yang mustahil kelak ketika sang anak sudah tumbuh menjadi dewasa, mereka akan mahir berbahasa Arab. Semoga Allah senantiasa memudahkan setiap prosesnya dan Allah jadikan setiap peluh dalam mengajar sebagai pahala yang tak ternilai harganya. Aamiin.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts